Berubah Bersama Al Quran

Spread the love

Kalau tekad menghafal itu telah mengakar, maka pasti ada waktu, ada keyakinan yang kuat, dan lalu ada dorongan kuat untuk segera memulai.

Bagaimana tidak, padahal Al-Qur’an adalah kitab yang menjadi sumber utama agama ini dan mengandung hal-hal yang hebat dan luar biasa.

Hadits berikut ini semoga dapat memotivasi untuk menghafal dan menjaga hafalan:

مَنْ شَغَلَهُ الْقُرْآن وَذِكْرِي عَنْ مَسْأَلَتِي أَعْطَيْته أَفْضَل مَا أُعْطِي السَّائِلِين وَفَضْلُ كَلَامِ اللَّهِ عَلَى سَائِرِ الْكَلَامِ كَفَضْلِ اللَّهِ عَلَى خَلْقِهِ

Siapa yang disibukkan oleh Al-Qur’an dan berzikir dari berdoa kepadaku, maka aku akan memberikannya apa yang lebih baik daripada apa yang berikan kepada mereka yang berdoa. Dan keutamaan kalamullah dari yang lainnya, seperti keutamaan Allah dari makhluk-makhluk-Nya.” (Hadits Hasan Shahih Riwayat At-Tirmizi).

Dari segala sisi, Al-Qur’an adalahh kitab yang hebat dan luar biasa. Dari segi bahasa, inilah kitab dengan susunan yang sangat indah dan menawan. Kitab ini penuh inspirasi, membangun jiwa dan karakter, mendamaikan hati dan akal pikiran.

Salah satu kehebatan Al-Qur’a yang bertahan sampai sekarang adalah adanya sebuah jaminan: siapa yang mengamalkannya pasti bahagia dunia akhirat. Hal ini sudah terbukti sejak ratusan tahun yang lalu dan saat ini. Garansi 100 %..!

Di balik kitab ini terkandung makna yang sangat dalam.

Yang mampu mengubah pribadi Bilal bin Rabah dari budak menjadi seorang pemimpin. Mengubah Khalid bin Walid dari seorang preman jahiliyah menjadi salah seorang panglima perang terbesar dalam sejarah.

Mengubah Mush’ab bin Zubair dari seorang pemuda yang manja dan kaya raya, menjadi seorang yang tabah dalam perjuangan.

Mengubah Amr bin Ash dari seorang pemuda Quraisy yang licik dan ahli siasat, menjadi pejuang perkasa yang membuka berbagai negeri, memimpin bala tentara pasukan, menyebarkan islam sampai ke penjuru dunia.

Bahkan kitab ini mampu mengubah arah perjalanan sejarah jazirah arab, dari kaum yang tak bebudaya menjadi masyarakat pemimpin peradaban; dari para penggembala kambing dan unta, menjadi gubernur dan para pemimpin di semananjung kawasan arab, dari masyarakat rimba yang saling menindas dan berperang, menjadi masyarakat terdidik yang berkasih sayang.

Lebih dari itu, kitab ini mengubah wajah dunia, membentuk masyarakat yang saling berkasih sayang, berperadaban tinggi, menjunjung tinggi kesamaan dan kesetaraan, menghapuskan perbudakan, menebarkan ketenangan dan kedamaian.

Maka biarkanlah kitab yang mulia ini mengubah diri kita, pribadi dan pikiran kita, ke arah yang lebih baik dari sebelumnya. Biarkan ia menjadi benteng pertahanan hati dan pikiran kita.

ıtulah perubah terındah dalam hıdup….

(Disarikan dari Buku 10 Jurus Hafal Al Quran)

Leave A Reply

Navigate