Doa Menghafal Al Quran

Spread the love

Kita memohon kepada Allah Swt. yang membolak-balikan hati untuk memberi kita taufik dan hidayah dalam menghafal Al-Qur’an. Sebab segala usaha yang kita lakukan untuk menjadi seorang hafizh tidak akan terwujud tanpa pertolongan dari Allah.

Kita bisa meminta kepada Allah dengan sepenuh pinta dan ketundukan, menggunakan bahasa yang kita bisa. Ada sebuah doa yang  sangat bagus dari Rasulullah Saw. Imam At-Tirmidzi dari Ibnu Abbas meriwayatkan sebuah doa tentang doa menghafal Al-Qur’an.  Berikut ini doanya

اللَّهُمَّ ارْحَمْنِي بِتَرْكِ الْمَعَاصِي أَبَدًا مَا أَبْقَيْتَنِي وَارْحَمْنِي أَنْ أَتَكَلَّفَ مَا لَا يَعْنِينِي

وَارْزُقْنِي حُسْنَ النَّظَرِ فِيمَا يُرْضِيكَ عَنِّي.

اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُلْزِمَ قَلْبِي حِفْظَ كِتَابِكَ كَمَا عَلَّمْتَنِي وَارْزُقْنِي أَنْ أَتْلُوَهُ عَلَى النَّحْوِ الَّذِي يُرْضِيكَ عَنِّيَ.

اللَّهُمَّ بَدِيعَ السَّمَوَاتِ وَالْأَرْضِ ذَا الْجَلَالِ وَالْإِكْرَامِ وَالْعِزَّةِ الَّتِي لَا تُرَامُ أَسْأَلُكَ يَا أَللَّهُ يَا رَحْمَنُ بِجَلَالِكَ وَنُورِ وَجْهِكَ أَنْ تُنَوِّرَ بِكِتَابِكَ بَصَرِي وَأَنْ تُطْلِقَ بِهِ لِسَانِي وَأَنْ تُفَرِّجَ بِهِ عَنْ قَلْبِي وَأَنْ تَشْرَحَ بِهِ صَدْرِي وَأَنْ تَغْسِلَ بِهِ بَدَنِي فَإِنَّهُ لَا يُعِينُنِي عَلَى الْحَقِّ غَيْرُكَ وَلَا يُؤْتِيهِ إِلَّا أَنْتَ وَلَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِاللَّهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيمِ

“Ya Allah, rahmatilah aku untuk meninggalkan kemaksiatan selama Engkau masih menghidupkanku, dan rahmatilah aku untuk tidak memperberat diri dengan sesuatu yang tidak bermanfaat bagiku, berilah aku rizki berupa kenikmatan mencermati perkara yang mendatangkan keridha’an-Mu kepadaku.

Ya Allah, wahai Pencipta langit dan bumi, wahai Zat yang memiliki keagungan dan kemuliaan serta keperkasaan yang tidak pernah habis. Aku memohon kepada-Mu ya Allah, wahai Zat yang Maha Pengasih, dengan Kebesaran-Mu dan cahaya Wajah-Mu agar mengawasi hatiku untuk menjaga Kitab-Mu, sebagaimana Engkau telah mengajarkannya kepadaku, dan berilah aku rizki untuk senantiasa membacanya hingga membuat-Mu ridha kepadaku.

Ya Allah, Pencipta langit dan bumi, Zat yang memiliki kebesaran, kemulian dan keperkasaan yang tidak pernah habis. Aku memohon kepada-Mu ya Allah, wahai Zat yang Maha pengasih, dengan Kebesaran-Mu dan cahaya Wajah-Mu agar Engkau menerangi pandangan mataku dengan Kitab-Mu dan melancarkan lidahku, lenyapkanlah kesusahan dari hatiku, lapangkanlah dadaku dan basuhlah badanku dengan Al-Qur’an, sesungguhnya tidak ada yang dapat membantuku untuk mendapatkan kebenaran selain Engkau, dan juga tidak ada yang bisa memberi kebenaran itu selain Engkau. Tidak ada daya dan upaya kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Tinggi dan Maha Agung.”

Berikut ini ada beberapa doa lainnya yang bisa kita baca:

اللَّهُمَّ إِنيِّ أَسْأَلُكَ حِفْظَ الْأَنْبِيَاءِ وَ فَهْمَ الْمُرْسَلِيْنَ وَ إِلْهَامَ الْمَلائِكَةِ الْمُقَرَّبِيْنَ

“Ya Allah, aku memohon kepada-Mu, hafalan seperti hafalannya para nabi, pemahaman seperti pemahaman para rasul, dan ilham seperti ilhamnya para malaikat.”

اللَّهُمَّ ثَبِّتْنِي فِيْمَا حَفِظْتُ وَ بَارِكْ لِي فِيْهِ

“Ya Allah, mantapkanlah aku atas apa yang telah aku hafal dan berkahilah aku karenanya”

اللَّهُمَّ يَسِّرْلِي سُبُلِي وَاجْعَلْهَا فِي سَبِيْلِكَ

“Ya Allah, mudahkanlah aku menempuh jalan-jalan ilmu dan jadikanlah semua itu berada di jalan-Mu”

االلَّهُمَّ قَوِّمْ لِسَانِي عَلَى الْوَجْهِ الَّذِي يُرْضِيْكَ عَنِّي

“Ya Allah, luruskanlah lisanku di jalan yang Engkau ridhai”

يَا مُعَلِّمَ إِبْرَاهِيْمَ عَلِّمْنِي يَا مُفَهِّمَ سُلَيْمَانَ فَهِّمْنِي

“Wahai Dzat yang mengajari Ibrahim, ajarilah aku. Wahai Dzat yang memahamkan Sulaiman, pahamkanlah aku”

Diriwayatkan Imam Ath-Thabarani dari Ibnu Mas’ud ra., ia pernah mendengar Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa yang khawatir lupa Al-Qur’an setelah menghafalnya, dan takut melupakan ilmu setelah ia mempelajarinya, maka hendaknya ia berdoa, :

اللّهم نوِّرْ بالكتابِ بَصَري، واشرَحْ بهِ صَدْرِي، واسْتَعْمِلْ بهِ بدَني، وأطْلقْ بهِ لِسَانِي، وَقَوِّ بَهِ جَنَانِي ، وَاشْرَحْ بهِ فَهمي، وقوِّ بهِ عَزْمي، بِحوْلِك وقوَّتِك، فإِنَّهُ لَا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إِلَّا بِكَ ياَ أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ”.

“Ya Allah terangilah penglihatanku dengan Al-Qur’an, lapangkanlah dadaku dengannya, gerakkanlah fisik dan lisanku menurut apa yang diajarkan di dalamnya, kuatlah hatiku dengannya, luaskanlah pemahamanku dengannya, bulatkanlah tekadku dengannya, dengan daya dan kekuatan-Mu. Karena sesungguhnya tidak ada daya dan kekuatan kecuali atas pertolonganmu, wahai Dzat yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang”

Memintalah kepada Allah semoga kita terpilih menjadi hamba Allah yang taat dan bisa menghafal Al-Qur’an dengan sebaik-baiknya.

Leave A Reply

Navigate