Keutamaan Penghafal Al Quran

Spread the love

Biarlah Anak-anak Kita Meraih Keutamaannya

Ayah Bunda yang Budiman…

Dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi banyak memaparkan hadits-hadits yang berkenaan dengan keutamaan membaca Al-Qur’an. Dan tentunya orang yang paling diuntungkan dengan hadits-hadits ini adalah para penghafal Al-Qur’an. Sebab mereka tidak hanya membacanya, tapi juga berusaha menghafalnya. Tidak hanya membacanya sekali, tapi melakukanya dengan berkali-kali. Maka betapa bahagianya kita bila kita berusaha menghafal kitab suci yang mulia ini dan mendorong anak anak kita untuk menghafalnya.

Diantara keutamaan-keutamaannya yang bisa diperoleh oleh anak anak kita saat mereka mampu menghafal Al-Qur’an:

1. Al-Qur’an akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat.

Dari Abu Umamah ra, aku mendengar Rasulullah saw. bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

2. Mendapatkan predikat insan terbaik.

Dari Usman bin Affan ra, Rasulullah saw. bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari)

3. Mendapatkan pahala akan bersama malaikat di akhirat, bagi yang mahir mambacanya.

Dari Aisyah ra, berkata; bahwa Rasulullah saw. bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim)

4. Mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar.

Rasulullah bersabda, “Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

5. Akan diangkat derajatnya oleh Allah

Dari Umar bin Khatab ra. Rasulullah saw. bersabda,: “Sesungguhnya Allahswt. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

6. Mendapatkan kasih sayang, ketenangan, dikelilingi malaikat, dan dipuji Allah di hadapan makhluk-Nya.

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim).

Selain manfaat spiritual yang luar biasa ini, menghafal Al-Qur’an memberikan ketenangan hati yang luar biasa. Jiwa tentram dan nyaman. Kebahagian yang hebat terasa terutama sewaktu anak-anak kita dapat menghafal ayat demi ayat, lebih-lebih ketika anak kita menyelesaikan khatam hafalan Al-Qur’an. Sungguh ada rasa bahagia yang luar biasa dan memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Little boy reading Koran

Ada sebuah informasi menarik kita dapatkan dari Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani’. Setelah melalukan penelitian di Riyadh, guru besar psikologi di Universitas Al-Imam bin Saud akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa menghafal Al-Qur’an dapat menambah daya imunitas tubuh. Beliau juga menemukan adanya korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan dengan tingkat kesehatan psikologis. Pelajar dan Mahasiswa yang unggul di bidang hafalan Al-Qur’an memiliki tingkat kesehatan psikologis yang jauh lebih baik.

Selain itu ada sejumlah manfaat yang dapat dirasakan ketika menghafal Al-Qur’an, antara lain: pikiran yang jernih, kekuatan memori, ketenangan dan stabilitas psikologis, senang dan bahagia, terbebas dari rasa takut, sedih dan cemas, mampu membangun hubungan social yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan dari orang lain, terbebas dari penyakit  yang akut.

Selain itu, guru saya Dr. KH. A. Muhaimin Zen, MA., menerangkan bahwa menghafal Al-Qur’an juga mempunyai faidah-faidah ilmiah. Diantara faidah ilmiah tersebut adalah:

Pertama, Al-Qur’an memuat 77.439 kalimat. Jika penghafal Al-Qur’an bisa menguasai arti kalimat-kalimat tersebut, berarti telah menguasai banyak arti kosa kata bahasa arab. Seakan-akan ia telah menghafal sebuahh kamus bahasa arab.

Kedua, dalam Al-Qur’an banyak sekali kata-kata bijak yang sangat bermanfaat dalam kehidupan. Dengan menghafal Al-Qur’an seorang akan banyak menghafalkan kata-kata bijak tersebut.

Ketiga, bahasa dan susunan kalimat Al-Qur’an sangatlah memikat dan mengandung sastra yang tinggi. Seorang penghafal Al-Qur’an yang mampu menyerap wahana sastranya akan mendapatkan dzauq adabi (rasa sastra) yang tinggi. Ini akan sangat bermanfaat dalam mendalami sastra Al-Qur’an yang indah dan menggugah jiwa; yang tidak mampu dinikmati oleh mereka yang belum menghafal Al-Qur’an.

Keempat, dalam Al-Qur’an banyak sekali contoh-contoh yang berkenaan dengan ilmu nahwu dan sharaf. Seorang penghafal Al-Qur’an akan dengan cepat menghadirkan dalil-dalil dari ayat Al-Qur’an untuk sebuah kaidah nahwu sharaf

Kelima, Al-Qur’an adalah sumber hukum utama. Seorang penghafal Al-Qur’an akan dengan cepat pula menghadirkan ayat-ayat hukum yang ia perlukan dalam menjawab suatu persoalan hukum.

Keenam, seorang penghafal Al-Qur’an akan mudah menghadirkan ayat-ayat yang mempunyai tema yang sama. Hal ini sangat berguna untuk menafsirkan Al-Qur’an dengan Al-Qur’an atau untuk menulis tafsir tematik (maudhu’i).

Ketujuh, seorang penghafal Al-Qur’an ketika ia ditunjuk menyampaikan khutbah, pidato atau ceramah, ia tidak akan kesulitan dan dapat dengan segera menghadirkan tema yang ia kehendaki.

Seorang penghafal Al-Qur’an akan terus melatih otaknya. Semakin dilatih, maka otak itu akan semakin kuat, sebagaimana anggota tubuh yang lainnya.

Para ulama menyatakan bahwa semulia-mulia hamba di sisi Allah setelah para nabi adalah para ulama yang mengamalkan ilmu mereka. Berikutnya adalah para penghafal Al-Qur’an. Mereka meninggal dunia sama dengan meninggalnya para nabi. Mereka akan dibangkitkan dari kubur mereka dan dikumpulkan di Padang Mahsyar bersama-sama para nabi. Mereka pun meraih pahala seperti raihan pahala para nabi.

Ayah Bunda…

Anak-anak kita diberi karunia oleh Allah kemampuan otak yang luar biasa: yang lebih canggih dari perangkat komputer apapun di dunia ini; yang mempunyai sel saraf sebanyak bintang di langit; yang mampu menyampaikan informasi melebihi kecepatan pesawat. Maka mari kita manfaatkan fasilitas yang Allah berikan ini untuk menyimpan ayat-ayat-Nya yang mulia. 

Kesibukan menghafal Al-Qur’an adalah kesibukan orang-orang yang terpilih dan mulia. Maka saya ingin mengajak Anda untuk bersama-sama menghafal Al-Qur’an dan mengkaji kita suci yang mulia ini. Kita bermohon semoga Allah memberikan keberkahan kita dan meridhai kita dalam usaha menghafal dan mengamalkan kitab suci yang mulia ini.

(Disarikan dari buku “Jurus Dahsyat Mudah Hafal Al Quran Untuk Anak” karya Umarulfaruq Abubakar)

Leave A Reply

Navigate