Menikmati Tahajjud

Spread the love

عن عبد الله بن عمرو بن العاص ـ رضي الله عنهما ـ قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم: مَنْ قَامَ بِعَشْرِ آيَاتٍ لَمْ يُكْتبْ مِنَ الْغَافِلِيْنَ، وَمَنْ قَامَ بِمِائَةِ آيَةٍ كَتَبَ مِنَ القَانِتِيْنَ وَمَنْ قَامَ بِألْفِ آيَةٍ كَتَبَ مِنَ الْمُقَنْطِرِيْنَ. رواه أبو داود


Dari Abdullah bin Amr bin ‘Ash ra. Ia berkata, Rasulullah Saw. bersabda, “Barangsiapa bangun malam membaca sepuluh ayat, maka ia tidak dicatat sebagai golongan orang-orang yang lalai. Dan barangsiapa bangun malam membaca seratus ayat, maka ia dicatat sebagai golongan orang-orang yang patuh. Dan barangsiapa membaca seribu ayat, maka ia dicatat sebagai golongan orang-orang berharta banyak.” (H.r. Abu Dawud dan HR Ibnu Khuzaimah)

Salah satu cara untuk Khatam Al Quran terbaik adalah melalui shalat tahajjud.

Dalam hadits ini Rasulullah memberikan gambaran mengenai kategori orang yang bangun di tengah malam. Ada orang yang dikategorikan sebagai bukan orang yang lalai, yaitu bilamana di tengah malam ia membaca sekurangnya sepuluh ayat Al-Qur’an.

Ada kategori yang disebut sebagai orang yang patuh kepada Allah ta’aala, yaitu mereka yang membaca sekurangnya seratus ayat di tengah malam. Dan ada yang disebut sebagai orang yang berharta banyak, yaitu mereka yang membaca sekurangnya seribu ayat di tengah malam.


manfaat tahajjud

Subhanallah…!
Marilah sahabatku, kita kejar prestasi ibadah sebaik mungkin. Kita berusaha menggapai rahmat Allah ta’aala dengan rajin berdzikir mengingatNya. Silahkan, jika anda sekedar tidak ingin disebut al-ghaafilin (orang yang lalai mengingat Allah ta’aala) bacalah setiap malam sekurangnya sepuluh ayat dalam qiyamullail.


Jika anda ingin meraih yang lebih baik, yaitu dipandang sebagai al-qaanitin (orang yang patuh kepadaNya), maka bacalah sekurangnya seratus ayat.
Namun, jika ingin memperoleh kedudukan yang lebih baik lagi, maka bacalah seribu ayat di tengah malam! Maka anda akan dipandang sebagai al-muqanthiriin (orang yang sangat kaya)…!

Kalau Anda termasuk orang yang selama ini jarang sholat malam, maka sudah saatnya untuk mulai membiasakan diri shalat malam dengan setidaknya membaca sepuluh ayat saja setiap malam. Sebab dengan melakukan kegiatan minimal ini anda sudah membebaskan diri anda dari penilaian Allah ta’aala sebagai orang yang lalai.


Jika Anda sudah terbiasa sholat malam namun selama ini belum pernah menetapkan target tertentu, maka mari kita bertekad mencapai predikat sebagai orang yang tunduk kepada Allah ta’aala. Bacalah setiap malam minimal seratus ayat.

Dan bila selama ini Anda sudah terbiasa sholat malam dan membaca sekurangnya seratus ayat dan masih sanggup untuk menambah targetnya, maka ada baiknya anda mulai berfikir untuk mencapai predikat orang yang banyak hartanya. Bacalah setiap malam sekurangnya seribu ayat…!


وَمِنَ اللَّيْلِ فَتَهَجَّدْ بِهِ نَافِلَةً لَكَ عَسَى أَنْ يَبْعَثَكَ رَبُّكَ مَقَامًا مَحْمُودًا (٧٩)
“dan pada sebahagian malam hari bersembahyang tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu; Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang Terpuji.” (Al-Isra: 79)

Bagaimana bisa seperti itu? Caranya adalah dengan berusaha menikmati pesona ayat Al Quran

Semoga Allah menjadikan kita semua sebagai ahli tahajjud…

amiin

(Disarikan dari Buku 10 Jurus Hafal Al Quran)

Leave A Reply

Navigate