Pengaruh Psikologis Hafal Quran

Spread the love

Beragama kemuliaan akan selalu didapatkan oleh penghafal Al Quran.

Selain manfaat spiritual yang luar biasa ini, menghafal Al-Qur’an memberikan ketenangan hati yang luar biasa. Jiwa tentram dan nyaman.

Kebahagian yang hebat terasa terutama sewaktu kita dapat menghafal ayat demi ayat, lebih-lebih ketika kita menyelesaikan khatam hafalan Al-Qur’an. Sungguh ada rasa bahagia yang luar biasa dan memberikan kebahagiaan kepada orang lain.

Ada sebuah informasi menarik kita dapatkan dari Dr. Shalih bin Ibrahim Ash-Shani’. Setelah melalukan penelitian di Riyadh, guru besar psikologi di Universitas Al-Imam bin Saud akhirnya mendapatkan kesimpulan bahwa menghafal Al-Qur’an dapat menambah daya imunitas tubuh.

Beliau juga menemukan adanya korelasi positif antara peningkatan kadar hafalan dengan tingkat kesehatan psikologis. Pelajar dan Mahasiswa yang unggul di bidang hafalan Al-Qur’an memiliki tingkat kesehatan psikologis yang jauh lebih baik.

Selain itu ada sejumlah manfaat yang dapat dirasakan ketika menghafal Al-Qur’an, antara lain: pikiran yang jernih, kekuatan memori, ketenangan dan stabilitas psikologis, senang dan bahagia, terbebas dari rasa takut, sedih dan cemas, mampu membangun hubungan social yang lebih baik dan memperoleh kepercayaan dari orang lain, terbebas dari penyakit  yang akut.

bersama al quran dimanapun berada

Saudaraku,

Kita diberi karunia oleh Allah karunia dan kemampuan otak yang luar biasa: yang lebih canggih dari perangkat komputer apapun di dunia ini; yang mempunyai sel saraf sebanyak bintang di langit; yang mampu menyampaikan informasi melebihi kecepatan pesawat. Maka mari kita manfaatkan fasilitas yang Allah berikan ini untuk menyimpan ayat-ayat-Nya yang mulia. 

Kita berdoa kepada Allah dan belajar menikmati menghafal Al Quran.

Kesibukan menghafal Al-Qur’an adalah kesibukan orang-orang yang terpilih dan mulia.

Maka saya ingin mengajak Anda untuk bersama-sama menghafal Al-Qur’an dan mengkaji kita suci yang mulia ini. Kita bermohon semoga Allah memberikan keberkahan kita dan meridhai kita dalam usaha menghafal dan mengamalkan kitab suci yang mulia ini.

Apalagi bila proses menghafal itu dilakukan sejak kecil. Maka keberkahan Quran akan meliputi diri sang anak dan juga kedua orangtuanya.

Leave A Reply

Navigate