Satu Amal Seribu Niat

Spread the love

Satu bonus dari Allah, selama kita fokus berharap agar amalan diterima Allah, maka dalam satu amalan, kita bisa memasang niat yang banyak. Satu amalan, seribu niat. Dan setiap niat itu akan dibalas kebaikan oleh Allah Swt. Demikian pula dalam menghafal Al-Quran. Dr. Raghib As-Sirjani mencontohkan bahwa orang yang menghafal Al-Qur’an bisa mengatur niatnya, antara lain sebagai berikut:

Pertama, agar mendapat pahala membaca Al-Qur’an dengan sebanyak-banyaknya. Karena bagaimanapun juga, untuk menghafal Al-Qur’an, seseorang harus sering membacanya. Begitu pula setelah menjadi penghafal Al-Qur’an

Kedua, bisa shalat Qiyamullail dengan bacaan yang sudah dihafalkan

Ketiga, niat mendapatkan keutamaan dan pahala-pahala yang disediakan sebagai penghafal Al-Qur’an, baik pahala untuk dirinya atau orang lain.

Keempat, niat agar kelak di akhirat berhak memberikan mahkota kehormatan dan keselamatan untuk kedua orang tua. Jika ingin berbakti kepada kedua orang tua yang masih hidup atau sudah meninggal, maka menjadi penghafal Al-Qur’an adalah salah satu jalan terbaik.

Kelima, niat berlindung dari siksaan di akhirat. Sebab Allah Swt. tidak akan menyiksa hati yang di dalamnya tersimpan Al-Qur’an.

Keenam, niat dapat mengajarkan Al-Qur’an kepada orang lain. Sebab sebaik-baik orang adalah mereka yang belajar dan mengajarkan Al-Qur’an

Ketujuh, niatuntuk menjadi teladan yang baik bagi umat islam secara keseluruhan.

Kedelapan, niat agar kita menjadi bagian dari kelompok yang dipilih oleh Allah untuk menjaga kalam-Nya

Kesembilan, belajar bahasa Arab dengan segala cabangnya dari Al-Qur’an.

Kesepuluh, lebihdekat dengan Allah karena kita mempelajari dan menghafal kalam-Nya.

Kita bisa menambah niat-niat yang baik lainnya. Di tengah proses menghafal, kita terus berusaha agar niat ini tetap terjaga. Menghafal Al-Qur’an tidak hanya membutuhkan niat yang baik di awal, tapi juga komitmen untuk menjaga niat hingga akhirnya kita bisa menyelesaikan hafalan Al-Qur’an atas pertolongan Allah. Kita jaga niat ini agar jangan sampai terperangkap kepada keinginan-keinginan duniawi. Sebab hafalan Al-Qur’an sungguh jauh lebih berharga daripada dunia dan seluruh isinya.

Semua niat baik ini kita kuatkan di dalam hati saat mulai menghafal Al-Qur’an.

(Disarikan dari Buku 10 Jurus Hafal Al Quran)

Leave A Reply

Navigate